Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
082257082325
082257082325
082257082325

6 Langkah merintis usaha dengan modal kecil

6 Langkah merintis usaha dengan modal kecil
Kategori Artikel
Di lihat 803 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Pesan Sekarang !
082257082325

Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti anda persiapkan. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran. Jika anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian.

Oleh sebab itu, banyak calon pengusaha yang menggunakan jasa konsultan bisnis. Mereka berharap bisa mendapatkan strategi dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha yang akan ditekuni.

Bagaimana dengan anda? Saya rasa anda tidak perlu menyewa jasa konsultan bisnis jika hanya membuka usaha dengan modal kecil. Selain biayanya relatif mahal, merintis usaha sendiri dengan modal kecil bisa anda pelajari sendiri dari nol.

Berita baiknya, postingan ini membahas langkah demi langkah memulai usaha sendiri dengan modal yang relatif kecil. Berikut 12 langkah merintis usaha sendiri dari nol yang bisa anda praktekkan mulai dari sekarang.

Daftar Isi

1. Tentukan Jenis Usaha Anda

Buka usaha apa ya? Mungkin pertanyaan ini muncul dibenak anda. Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting bagi anda untuk menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis saat ini yang memiliki prospek cerah.

Selain itu, sebaiknya jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlian anda. Percuma menjalankan sebuah usaha tetapi anda tidak menyenanginya. Anda akan setengah hati dalam mengembangkan usaha tersebut. Malahan, anda bisa menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis anda tidak sesuai yang diharapkan.

 

Coba anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah usaha. Tulis dalam buku catatan tentang minat, keahlian, bakat, dan hobi anda. Disamping itu anda bisa menulis beberapa jenis usaha yang ingin anda rintis.

Sebagai contoh, anda hobi membuat aneka macam kue. Dari hobi tersebut anda bisa menentukan jenis usaha anda yakni membuka usaha toko kue. Lain halnya jika anda minat terhadap fashion. Jenis usaha yang cocok untuk anda adalah membuka toko pakaian.

Dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Saya yakin, anda pasti akan senang hati dalam menjalankan usaha tersebut. 

 

2. Segera Lakukan Survei

Setelah anda menentukan jenis usaha yang akan anda geluti, langkah selanjutnya adalah melakukan survei dilapangan. Kenapa harus melakukan survei? Hal ini penting bagi anda untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha anda tersebut. Apakah memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi atau tidak.

Apa saja yang harus anda survei?

  • Tingkat Persaingan

Survei dilapangan bermanfaat untuk melihat tingkat persaingan usaha yang sejenis dengan usaha anda. Seberapa banyak orang yang telah menjalani usaha tersebut.

Disamping itu, anda harus mencari informasi bagaimana kualitas dan ciri khas produk, prosedur pelayanan dan harga yang mereka tawarkan. Dengan begitu, anda akan memiliki strategi untuk bersaing dengan para pengusaha yang sejenis.

  • Lokasi yang Strategis

Survei tempat atau lokasi juga perlu anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dimana kira-kira lokasi yang sesuai dengan bisnis anda.

Sebagai contoh, anda ingin membuka tempat foto kopi dan penjilitan buku. Pastinya kurang efektif jika anda membuka usaha tersebut di komplek perumahan anda. Lokasi yang tepat untuk usaha tersebut adalah didaerah yang banyak terdapat tempat perkantoran dan sekolah.

 

Oleh karena itu, pemilihan lokasi usaha wajib anda lakukan jika ingin usaha anda berjalan dengan lancar.

  • Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen juga perlu anda perhatikan. Sebisa mungkin jenis usaha anda memiliki banyak peminat dan daya beli yang tinggi dari konsumen.

Sebagus apapun usaha yang anda jalankan, jika daya beli konsumen rendah akan berpengaruh terhadap bisnis anda. Sama halnya dengan minat konsumen, jika hanya segelintir orang yang membeli produk yang anda tawarkan, maka anda harus siap-siap gulung tikar.

3. Menyiapkan Modal

Merintis usaha sendiri dari nol bukan berarti nol modal. Anda tetap membutuhkan modal untuk mengawali usaha anda. Berapa modal yang anda butuhkan? Tergantung usaha yang ingin anda buka.

Pada umumnya, usaha dengan modal kecil maupun besar hampir sama peraturannya. Anda harus tahu berapa modal yang dianggarkan untuk memulai usaha tersebut.

Disamping itu, jangan habiskan seluruh modal untuk kebutuhan usaha yang akan anda jalankan. Minimal sisihkan 40% modal sebagai dana cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi jika usaha anda mengalami kegagalan. Anda bisa menggunakan sisa dana tersebut untuk membangun kembali atau mengganti usaha anda. 

4. Perencanaan yang Matang

meintis usaha sendiri dari nol dengan modal kecil

 Merintis usaha sendiri dengan modal kecil bukan berarti asal-asalan. Anda butuh persiapan dan perencanaan yang matang dalam memulai usaha anda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha.

Perlu anda ketahui, hampir semua kegagalan pelaku bisnis terjadi akibat kurangnya persiapan dan perencanaan yang baik dalam mengelola bisnis mereka. Jika sudah demikian, keuntungan tidak bisa diraup, modalpun habis.

Bagaimana cara melakukan perencanaan yang matang? Pak Kusnendi,Drs. M.S. mengungkapkan bahwa perencanaan usaha mencakup penentuan visi, misi, strategi bisnis, tujuan, kebijakan, prosedur dan aturan serta anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis tertentu. (dikutip dari sulitnih.com)

5. Definisikan Keunikan Produk Anda

Dalam menjalani suatu usaha, anda harus bersaing dengan banyak pengusaha lain yang sejenis dengan usaha anda. Anda bisa melihat beberapa diantara mereka yang berhasil menarik begitu banyak konsumen.

Apa rahasianya? Tentunya mereka memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh usaha sejenis ditempat lain. Oleh sebab itu, definisikan keunikan produk yang akan anda tawarkan pada konsumen. 

Untuk itu, berkreasilah dalam membuat produk anda. Misalnya anda membuka usaha toko roti. Selain menjaga kualitas makanan, anda bisa menggabungkan dengan tampilan bentuk roti yang unik. Misalnya dengan bentuk gambar kartun yang sedang trend saat ini. Berkreasi dengan produk yang anda jual akan semakin menarik perhatian konsumen.

 

 

merintis usaha sendiri dari nol

 Satu hal yang perlu anda ketahui, Sebagus apapun produk yang anda sajikan, tak lantas membuat banyak konsumen berdatangan untuk membeli produk anda. Maka dari itu, lakukan promosi untuk memperkenalkan produk anda.

Promosi bisa anda lakukan dari mulut kemulut, menyebar brosur atau memasang iklan di koran lokal. Apalagi sekarang ini, para pebisnis semakin terbantu dengan hadirnya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instragram, Whatsapp dan lain sebagainya.

 

Anda bisa manfaatkan media sosial yang ada untuk mempromosikan usaha anda. Disamping itu, banyak cara untuk semakin menarik minat pengunjung seperti memberi diskon, sediakan kupon atau vocher dan system beli 1 gratis 1 yang sering diterapkan beberapa toko besar.

Dalam mengembangkan usaha dari nol, memang dibutuhkan strategi pemasaran yang baik agar anda bisa bersaing dengan banyak pengusaha yang menawarkan produk sejenis dengan usaha anda.

6. Mental yang Kuat

Menjadi wiraswasta bukanlah seperti karyawan yang memiliki etos kerja yang berbeda. Mereka memiliki jadwal rutin yang jarang berubah yakni kerja selama sebulan, setelah itu mendapat gaji.

Sementara anda menjadi bos dalam menjalankan usaha anda sendiri. Oleh sebab itu, anda harus bekerja ektra keras, memiliki jadwal yang tidak menentu dan berfikir bagaimana caranya agar usaha anda dapat memberikan gaji yang layak untuk anda.

Hal ini tidak akan terjadi seandainya anda tidak memiliki mental yang kuat. Untuk itu, jangan menyerah meskipun usaha anda belum lancar, produk belum terjual secara optimal, konsumen sepi dan beberapa masalah yang menjadi kendala dalam usaha anda.

Memang bukan perkara mudah dalam merintis usaha sendiri dari nol. Butuh pengorbanan biaya dan waktu agar usaha anda bisa sukses seperti yang anda inginkan. Ikuti langkah-langkah diatas agar kedepannya anda dapat sukses dalam menjalankan usaha anda.

Selamat mencoba. 

 

Ganti Rak Lama Anda Dengan Yang Leb

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangGanti Rak Lama Anda Dengan Yang Lebih Modern
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Rak Supermarker Warna Kuning

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangRak Supermarker Warna Kuning
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

5 Cara Supermarket Menggoda Pelangg

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang5 Cara Supermarket Menggoda Pelanggan Agar Beli Lebih Banyak Barang
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Menemukan Keunikan Untuk Memenangka

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMenemukan Keunikan Untuk Memenangkan Persaingan Usaha
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

PENGELOLAAN USAHA MINIMARKET DAN S

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPENGELOLAAN USAHA MINIMARKET DAN SWALAYAN
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Double Hook 01

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDouble Hook 01
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Keuntungan Bisnis Minimarket & Cara

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKeuntungan Bisnis Minimarket & Cara Memulai Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

23 Tips Menjadi Pengusaha Muda

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 082257082325
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang23 Tips Menjadi Pengusaha Muda
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Link Sosmed

Lokasi

Hubungi Kami

CV. SINAR TERANG (SINTECH)
Jl. Raya Domas Utara No. 498 Gresik - Jawa Timur
CALL: 082257082325 (WA)
Website: www.pusatrakmurah.com

Keranjang>>
082257082325
082257082325
082257082325